Kamis, 04 April 2013

Sakit Saraf Neuropati atau Tidak? Cek Gejalanya di Sini

Jakarta, Pernahkah Anda mengalami kram tiba-tiba pada kaki ketika menjelang tidur? Atau mengalami kelemahan saat ingin memegang gelas? Ketahuilah bahwa tanda-tanda tersebut merupakan gejala yang umum terjadi pada pasien neuropati.

Neuropati merupakan kondisi kerusakan saraf yang dialami oleh manusia yang sering diabaikan. Padahal, penyakit ini memiliki dampak jangka panjang yang tidak main-main.

Dalam acara Media Workshop dengan tema Konsumsi Vitamin Neurotropik Sejak Dini Cegah Neuropati di Penang Bistro Kebon Sirih, Jl Kebon Sirih Raya No 59 Menteng, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Kamis (4/4/2013), dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) menjelaskan beberapa gejala dan penyebab timbulnya neuropati.

Berikut merupakan gejala yang dapat dialami oleh pasien neuropati:
1. Kram dan kesemutan
2. Mati rasa dan kaku otot
3. Rasa baal atau kebas
4. Rasa terbakar ditangan atau kaki
5. Kehilangan kontrol kandung kemih

Selain itu dr Luthy juga menambahkan bahwa kulit mengkilap dan rambut rontok di area tertentu juga merupakan gejalanya. Dan gejala ini akan berakhir dengan adanya kelemahan anggota gerak serta penyusutan otot. Salah satu contoh ekstremnya adalah ketidakmampuan ereksi pada laki-laki.

Lalu apa penyebab neuropati? "Penyebab neuropati dapat diketahui. Salah satunya pola hidup saat ini, selain itu yang berperan penting adalah kurangnya vitamin (B1, B6, B12, dan D) atau defisiensi vitamin. Penyakit keturunan, efek kemoterapi dan efek samping obat, gangguan ginjal, diabetes, dan trauma pada saraf seperti carpal tunnel syndrome juga dapat menyebabkan neuropati," jelas dr Luthy.

Dokter yang mengaku selalu menjaga tubuhnya ini menjelaskan bahwa gejala awal neuropati biasanya dimulai dari ujung kaki. Hal ini terjadi karena saraf terpanjang di dalam tubuh terdapat di kaki.

"Semakin panjang saraf maka akan semakin rentan terkena neuropati," tutup dr Luthy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar