Selasa, 02 April 2013

POLIGAMI , MENGAPA ISLAM MENGIJINKAN ?

DI DALAM PANDANGAN ISLAM, POLIGAMI DIIBARATKAN SEBAGAI SEBUAH PINTU DARURAT …., YANG MANA PINTU INI HANYA AKAN DIBUKA / DIGUNAKAN DALAM KONDISI DARURAT…., DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SEGI MANFAAT DAN MUDHARATNYA. JADI JELAS BAHWA ISLAM HANYA MEMBOLEHKAN BERPOLIGAMI DALAM KONDISI TERTENTU…, DAN DENGAN PERSYARATAN TERTENTU YANG HARUS DIPENUHI.)) APABILA SESEORANG/ MASYARAKAT TIDAK DALAM KONDISI DARURAT DAN TIDAK MAMPU MEMENUHI PERSYARATAN BERPOLIGAMI…, MAKA DIANJURKAN BERISTERI SATU SAJA.

KONDISI DARURAT DIMAKSUD ADALAH :

1. ISTERI TIDAK BISA MEMBERIKAN KETURUNAN
2. KONDISI UMAT…, DIMANA POLIGAMI MENJADI JALAN PENYELAMAT , UNTUK KEMASLAHATAN UMAT
SYARAT-SYARAT BERPOLIGAMI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
1.MEMBAWA MANFAAT UNTUK KELUARGA DAN DI KALANGAN UMAT
2.TIDAK MENGUMPULKAN ISTERI YANG MERUPAKAN DUA BERSAUDARA
3.MAMPU MEMBERIKAN NAFKAH LAHIR DAN BATIN
4.MAMPU MENYEDIAKAN TEMPAT TINGGAL YANG WAJAR
5.MAMPU BERLAKU ADIL TERHADAP SEMUA ISTERI
6.TIDAK MELEBIHI EMPAT ISTERI.

BERIKUT INI ADALAH AYAT YANG MENDASARI POLIGAMI

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS ANNISAA’ : 3)

TINJAUAN TENTANG POLIGAMI

Pada jaman Nabi-Nabi terdahulu jumlah manusia belum begitu banyak dan jumlah wanita lebih banyak dari laki-laki. Hal ini terjadi karena banyaknya peperangan sehingga banyak kaum laki-laki yang terbunuh di medan perang. Dalam kondisi seperti ini tentu saja poligami menjadi jalan keluar untuk kelangsungan hidup manusia. Katakanlah misalnya terjadi perbandingan jumlah laki-laki dengan wanita adalah 1 : 3 pada masa itu. Nah... jika laki-laki berpasangan dengan satu wanita, maka 2/3 dari jumlah wanita akan hidup tanpa pasangan. Lalu kira-kira apa yang akan terjadi , dengan 2/3 jumlah wanita tersebut ? , ada 3 kemungkinan :

1.Mereka akan melakukan penyimpangan sex dengan sesama wanita (Lesbian)
2.Mereka berusaha mengajak selingkuh suami orang, untuk memenuhi kebutuhan biologisnya
3.Yang lebih parah lagi mereka menjadi wanita penjaja sex (pelacur)
Ketiga kemungkinan ini tentu saja tidak dikehendaki, karena akan merusak tatanan kehidupan manusia. Dan ALLAH yang maha mengetahui memberikan jalan terbaik yang mulia, yaitu dengan jalan poligami. Namun tentu saja dengan syarat-syarat yang cukup berat , sehingga tidak semua laki-laki bisa menjalaninya. Dalam pandangan ALLAH , poligami adalah jalan yg lebih mulia, daripada perzinahan, karena itu ALLAH tidak melarang poligami , tapi mengarahkan dan membatasi poligami agar tatanan kehidupan bisa berjalan dengan baik. Dan para Nabi seperti Nabi Ibrahim , Nabi Daud jaman dahulu juga menjalani Poligami. Di jaman Rasulullah Muhammad , aturan Poligami tersebut masih tetap berlaku , karena ALLAH tidak merubahnya . Dan Rasulullah Muhammad juga melakukan poligami . Lalu apa alasan Beliau melakukan hal itu ? . Alasan beliau adalah memberikan perlindungan terhadap kaum wanita janda. Di tengah – tengah dakwah untuk menegakkan agama ALLAH, kaum Islam yang pada saat itu masih berjumlah sedikit (ratusan orang) harus berjuang melawan serangan kaum kafir, yang tidak mengiinginkan berkembangnya agama Islam . Maka sejumlah peperangan pun harus terjadi demi mempertahankan kedaulatan Islam, sehingga banyak kaum laki-laki (para suami) Islam yang gugur di medan pertempuran. Maka di saat itu, banyak para wanita yang menjadi janda. Nah... Rasulullah berinisiatip untuk memberikan status sosial dan perlindungan yg lebih baik dengan menikahi nya . Jadi tidak seperti tuduhan kelompok yg anti terhadap Islam yang berusaha memfitnah Beliau dengan pendapat yang negatif.

Di tahun 2012 sekarang ini , untuk seluruh dunia jumlah wanita lebih banyak dari pada pria . Perbandingan jumlah Pria : Wanita adalah 1000 : 1012 . Hal ini terjadi karena angka kematian pada pria lebih tinggi dari wanita, yang disebabkan oleh :
-Kebanyakan pria menjalani pola hidup stres dan ini memperbesar kemungkinan terserang gagal jantung ataupun stroke. Posisinya sebagai tulang punggung keluarga yang harus mencari nafkah, ditambah makin sulitnya mencari penghidupan menyebabkan pria sering mengalami stres dalam hidup ini.Dan ini terbukti dengan banyak kejadian bunuh diri di kalangan pria.
-Lebih banyak Pria yang bekerja di lokasi yg berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan dibanding wanita , seperti pertambangan, di pembangunan konstruksi gedung yg tinggi dsb
-Menurut survey Wanita mempunyai harapan hidup lebih panjang daripada pria
Sedangkan probabilitas kelahiran antara bayi laki-laki dan bayi perempuan menurut teori Mendel adalah sama . Namun di beberapa wilayah lebih tinggi kelahiran bayi laki-laki , yang dikarenakan kondisi prilaku pasangan di daerah tertentu lebih menyukai anak laki-laki daripada perempuan dan hal ini bisa dikendalikan melalui pengetahuan moderen.
Hal tersebut di atas lah yang mempengaruhi komposisi jumlah pria dan wanita, namun tampaknya kesulitan hidup yg semakin bertambah, nampaknya akan dominan menjadi penyebab lebih tingginya angka kematian pada pria, di samping berkembangnya penyakit di dunia ini , dimana pria mempunyai resiko kena penyakit lebih tinggi darpada wanita

Di Indonesia perbandingan jumlah Pria : Wanita adalah 1000 : 986 , jadi masih banyak pria daripada wanita. Data yang kita butuhkan sebenarnya adalah perbandingan jumlah pria muslim : wanita muslim , sehingga kita bisa memprediksi seberapa jauh masalah perjodohan yg akan timbul di kalangan muslim di Indonesia , namun sayang sekali data tersebut belum bisa kami sajikan . Namun bagi kalangan muslim setidaknya percaya bahwa dunia ini sedang menuju ke kondisi dimana jumlah wanita akan jauh lebih banyak daripada jumlah pria. Sebagaimana hadis berikut :
Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata , telah menceritakan kepada kami Yahya dari Syu’bah daru Qotadah dari Anas bin Malik berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah sedikitnya ilmu dan merebaknya kebodohan, perzinahan secara terang-terangan , jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki , sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki” . (SHAHIH BUKHARI)

Dalam kondisi di mana jumlah wanita muslim lebih banyak dari pria muslim itulah poligami menjadi jalan penyelamat umat, demi kemaslahatan bersama . ALLAH sebagai pencipta tentu lebih tahu mengenai kondisi dunia ini , dan sebagai muslim yang benar, sudah seharusnya kita yakin seyakin yakinnya bahwa hukum ALLAH lah yang paling benar. Sebagai muslim kita tidak dibenarkan apa bila menerima sebagian hukum ALLAH dan menolak sebagiannya. Masuklah islam secara keseluruhan sebagaimana perintah ALLAH sebagai berikut :
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (AL BAQARAH : 208)

Setelah semua uraian di atas , sekarang kita bisa menyimpulkan bahwa alasan ALLAH mengijinkan poligami adalah :
- Sebagai jalan keluar di saat jumlah wanita lebih banyak daripada laki-laki , yang mana dunia ini sebenarnya sedang menuju ke kondisi tersebut, bahkan sampai pada perbandingan 1 : 50 sebagaimana disampaikan dalam hadits yang kami kutip di atas.
- Sebagai jalan keluar ketika isteri tidak bisa memberikan keturunan .
Hal ini telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim, ketika isteri beliau Siti Sarah bertahun-tahun tidak memberikan keturunan, maka atas saran Siti Sarah beliau menikahi Siti Hajar.
- Memberikan perlindungan terhadap kaum wanita .
Poligami tentunya harus dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat sesuai aturan agama. Jika ada laki-laki yang melakukan poligami dengan tidak bisa memenuhi syarat – syarat sesuai agama, maka kelak harus bertanggung jawab terhadap ALLAH di hari perhitungan.

1 komentar:

  1. Asslmkm…wrwb
    Penjelasan tentang poligami memang tercantum dalam Alqur’an dan Hadist, dicontohkan juga oleh Rosululloh Muhammad SAW dan para sahabat
    Tapi…ROSUL JUGA MEMBERI CONTOH MELARANG POLIGAMI, ketika beliau melarang putrinya Fatimah RA dipoligami ketika Ali Bin Abi Tholib hendak menikah lagi, mungkin beliau tahu bahwa poligami walaupun sesuai syariat namun juga bisa membuat wanita tersakiti, sehingga beliau tidak rela putrinya dipoligami. Wallohua’lam
    Dan……
    Berdasarkan sensus penduduk 2000 dan 2010 justru JUMLAH PRIA DI INDONESIA LEBIH BANYAK DARI WANITANYA.
    “laki2 jaman sekarang biasanya mati2an menentang atau berusaha menutup2i fakta ini dengan berbagai alasan dan dalih”
    Begitu juga dengan data negara2 di dunia (CIA, Bank Dunia, dll) ternyata jumlah pria juga lebih banyak dari wanitanya (terutama untuk China, India, dan negara-negara Arab)
    Yup jumlah wanita memang sangat melimpah tapi di usia di atas 65 tahun, mauu?? hehehe….kalo ngebet, silakan berpoligami dengan golongan wanita di usia ini.
    Coba dehh cek di data resmi BPS dan masing2 pemda atau coba klik di:
    http://sosbud.kompasiana.com/2013/05/16/makan-tuhh-poligami-vs-fakta-demografi-560923.html
    http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=40¬ab=1
    http://sp2010.bps.go.id/
    http://www.datastatistik-indonesia.com/portal/index.php?option=com_content&task=view&id=211&Itemid=211&limit=1&limitstart=2
    http://nasional.kompas.com/read/2011/09/19/10594911/Jumlah.Penduduk.Indonesia.259.Juta
    http://statistik.ptkpt.net/_a.php?_a=penduduk_ratio&info1=4
    http://www.census.gov/population/international/data/worldpop/tool_population.php
    http://health.detik.com/read/2011/10/28/164741/1755096/763/negara-yang-jumlah-prianya-lebih-banyak-bisa-berbahaya?l993306763
    http://nasional.kompas.com/read/2010/08/16/20585145/Siapa.Bilang.Wanita.Lebih.Banyak-8
    Berdasarkan hasil sensus tersebut kira2 apa ya solusi dari kelebihan pria ini?
    masih tetap POLIGAMI? akan semakin “merampas” kesempatan bujangan pria lain untuk dapat menikah?
    perkiraan dan anggapan selama ini “turun temurun” yang selalu jadi senjata pria yg ngebet ingin berpoligami bahwa jumlah wanita jauh berlipat di atas pria ternyata adalah SALAH BESAR
    Hasil Sensus Penduduk 2010 berdasar jenis kelamin perpropinsi
    Kode, Provinsi, Laki-laki, Perempuan, Total Penduduk
    1 Aceh, 2 248 952, 2 245 458, 4 494 410
    2 Sumatera Utara, 6 483 354, 6 498 850, 12 982 204
    3 Sumatera Barat, 2 404 377, 2 442 532, 4 846 909
    4 Riau, 2 853 168, 2 685 199, 5 538 367
    5 Jambi, 1 581 110, 1 511 155, 3 092 265
    6 Sumatera Selatan, 3 792 647, 3 657 747, 7 450 394
    7 Bengkulu, 877 159, 838 359, 1 715 518
    8 Lampung, 3 916 622, 3 691 783, 7 608 405
    9 Bangka Belitung , 635 094, 588 202, 1 223 296
    10 Kepulauan Riau, 862 144, 817 019, 1 679 163
    11 DKI Jakarta, 4 870 938, 4 736 849, 9 607 787
    12 Jawa Barat, 21 907 040, 21 146 692, 43 053 732
    13 Jawa Tengah, 16 091 112, 16 291 545, 32 382 657
    14 DI Yogyakarta, 1 708 910, 1 748 581, 3 457 491
    15 Jawa Timur, 18 503 516, 18 973 241, 37 476 757
    16 Banten, 5 439 148, 5 193 018, 10 632 166
    17 Bali, 1 961 348, 1 929 409, 3 890 757
    18 Nusa Tenggara Barat, 2 183 646, 2 316 566, 4 500 212
    19 Nusa Tenggara Timur, 2 326 487, 2 357 340, 4 683 827
    20 Kalimantan Barat, 2 246 903, 2 149 080, 4 395 983
    21 Kalimantan Tengah, 1 153 743, 1 058 346, 2 212 089
    22 Kalimantan Selatan, 1 836 210, 1 790 406, 3 626 616
    23 Kalimantan Timur, 1 871 690, 1 681 453, 3 553 143
    24 Sulawesi Utara, 1 159 903, 1 110 693, 2 270 596
    25 Sulawesi Tengah, 1 350 844, 1 284 165, 2 635 009
    26 Sulawesi Selatan, 3 924 431, 4 110 345, 8 034 776
    27 Sulawesi Tenggara, 1 121 826, 1 110 760, 2 232 586
    28 Gorontalo, 521 914, 518 250, 1 040 164
    29 Sulawesi Barat, 581 526, 577 125, 1 158 651
    30 Maluku, 775 477, 758 029, 1 533 506
    31 Maluku Utara, 531 393, 506 694, 1 038 087
    32 Papua Barat, 402 398, 358 024, 760 422
    33 Papua, 1 505 883, 1 327 498, 2 833 381
    TOTAL, 119 630 913, 118 010 413, 237 641 326
    Bagaimana tanggapan dan penjelasan tentang hal ini?
    Syukron
    Wasslmkm wrwb

    BalasHapus