Loading...

Kamis, 24 Januari 2013

Ciri-ciri orang yang Istiqomah

Ciri-ciri orang yang Istiqomah yaitu memelihara 10 perkara sebagai kewajiban pada dirinya, yaitu :

1. Memelihara lisan dari menggunjing/membicarakan orang lain. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala : ”… Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. … “. (Al-Hujarat : 12).

2. Menghindari prasangka buruk kepada orang lain. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala ; ” Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. …” (Al-Hujarat : 12). Begitu pula Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam : ” Hindarilah prasangka buruk, sebab dugaan jelek itu kata-kata dusta terbesar (bahayanya)”.

3. Menghindari dari menghina/mengejek orang lain. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ” Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. …” ( Al-Hujarat : 11 ).

4. Menundukkan pandangan dari kemilau dunia dan hal-hal yang terlarang. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, …“. (An-Nuur : 30)

5. Berkata benar/tidak berbohong. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : “Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu) …” (Al-An’am : 152).

6. Infaq fii sabilillah/membelanjakan hartanya pada keperluan agama Alloh. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ”Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. …” (Al-Baqarah : 267).

7. Tidak berlebih-lebihan dalam segala hal. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ”… dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” (Al-Isra’ : 26).

8. Tidak Menyombongkan diri/membanggakan diri. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ” Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik)itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Qoshosh : 83).

9. Memelihara shalat 5 waktu. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ”Peliharalah semua sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wusthoo. Berdirilah untuk Allah Swt (dalam shalatmu) dengan khusyu'. “( Al-Baqoroh : 238)

10. Istiqomah pada Ahlus-Sunnah wal-jama’ah. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ”dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Alla Swt agar kamu bertakwa.” (Al-An’am 153).

Wallaahu a’lam bishowab.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar