Senin, 24 Desember 2012

Makanan Penyebab Hipertensi

Ada beberapa makanan merupakan penyebab hipertensi atau darah tinggi. Makanan ini mengandung unsur-unsur yang meningkatkan tekanan darah, sekaligus membahayakan kesehatan. Makanan penyebab darah tinggi ini biasanya mengandung tinggi lemak atau kolesterol, tinggi garam atau sodium dan kaya akan gula di dalamnya.

Ada banyak penderita hipertensi yang tidak sadar bahwa mereka masih mengkonsumsi makanan penyebab hipertensi, yang seharusnya mereka hindari. Tak heran mereka jadi tergantung pada obat-obatan penurun hipertensi, seperti captopril sepanjang hidupnya. Padahal para penderita darah tinggi ini bisa menghindari makanan penyebab hipertensi ini, sehingga bisa mengurangi ketergantungan pada obat penurun hipertensi.

Namun ada sebagian penderita hipertensi yang tak juga bisa menghindari makanan penyebab hipertensi, karena tidak ada pilihan. Terutama di kota besar dimana makanan yang tersedia adalah makanan cepat saji dan makanan kalengan. Yang berkontribusi besar menjadi penyebab naiknya tekanan darah.

Berikut makanan penyebab hipertensi atau darah tinggi, yang seharusnya anda hindari, untuk menjaga kesehatan anda:

Makanan kaya akan lemak.

Seperti pada makanan cepat saji yang unsurnya banyak mengandung lemak, antara lain: mentega, keju, minyak sayur, ayam goreng, kentang goreng, hot dog, sosis, hamburger, pizza, susu, dan lain-lain. Hampir semua makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Makanan yang mengandung garam.

Terutama pada makanan kalengan seperti: produk buah dan sayur yang dijual dalam kaleng, saus, salad dan semua makanan yang diawetkan rata-rata mengandung garam atau sodium didalamnya. Meskipun anda memasak makanan anda sendiri dan selalu mencampur garam atau penyedap dalam masakan anda, ini masih menyebabkan juga tekanan darah tinggi. Unsur garam atau sodium yang berlebihan menyebabkan tekanan darah menjadi memburuk. Maka batasi garam anda maksimal 6 gram perhari atau tiadakan sama sekali, karena tiap makanan sudah mengandung unsur sodiumnya. Unsur sodium inilah yang membuat ginjal menahan cairan dalam tubuh, sehingga jantung memompa lebih kencang. Inilah yang menyebabkan hipertensi.

Makanan yang kaya akan gula

Biasanya makanan kaya akan gula ini memang sangat manis dan nikmat, sehingga sulit untuk ditinggalkan. Seperti kue, sereal, soda, permen, es krim, kecap, saus, dan lain-lain. Makanan kaya akan gula ini cenderung membuat kegemukan atau obesitas. Yang merupakan faktor utama penyebab tekanan darah tinggi.

Alkohol

Memang membahayakan kesehatan, terutama tekanan darah anda bisa bertambah buruk. Mengurangi atau menghilangkan sama sekali alkohol dari hidup anda, bisa membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan anda.

Kopi.

Terutama unsur cafein-nya berkontribusi pada kenaikan tekanan darah. Memang kopi bisa membuat anda terjaga, tapi dibaliknya merongrong kesehatan anda. Jauhi kopi, softdrink, jika anda ingin mengontrol tekanan darah anda.

Meskipun anda tergila-gila pada makanan penyebab hipertensi ini, karena memang rasanya enak dan nikmat, anda tetap harus mengontrolnya atau menguranginya, bahkan menghindarinya. Jika anda sudah positif hipertensi, anda harus mulai diet rendah lemak dan rendah garam. Anda harus segera konsumsi makanan penurun hipertensi dan pelajari trik diet rendah garam pada hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar