Minggu, 03 Maret 2013

ILMU TANPA AMAL

“Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kalian mengatakan sesuatu yang tidak kalian kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kalian mengatakan apa-apa yang tidak kalian kerjakan.” (QS Al-Shaff [61] ayat : 2-3)

“Mengapa kalian menyuruh orang lain berbuat kebajikan, sedang kalian melupakan diri kalian sendiri, padahal kalian membaca Al-Kitab? Maka tidakkah kalian berpikir?” (QS Al-Baqarah [2] ayat 44)

Rasulullah Saw bersabda : “Kami berlindung kepada Allah dari ilmu yang tiada bermanfaat, yaitu ilmu yang tidak diamalkan dengan ikhlas. Dan ketahuilah! Bahwa ilmu walaupun sedikit membutuhkan amal yang banyak, karena ilmu walaupun sedikit diwajibkan bagi pemiliknya untuk mengamalkannya sepanjang hidupnya.” (Al-Hayah 2: 274; Bihar al-Anwar 2 : 32)

Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang bertambah ilmunya tapi tidak bertambah baginya petunjuk, maka tidak bertambah pula baginya sikap zuhudnya kepada dunia, dan tidak bertambah apa pun baginya kecuali jauh dari (rahmat) Allah.” (Al-Hayah 2 : 275; Bihar al-Anwar 2: 37)

Rasulullah Saw bersabda : “Perumpamaan orang yang mengetahui kebaikan tapi tidak mengamalkannya adalah seperti lampu (lilin) yang menerangi orang banyak tapi justru membakar dirinya sendiri.” (Al-Hayah 2 : 278)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar