Selasa, 19 Maret 2013

DI ANTARA KALIMAT INDAH IBNUL QAYYIM AL-JAUZIYAH

Iblis yang terlaknat memiliki enam jalan untuk masuk ke dalam hati Adam, yang wajib bergantung kepada Allah saja. Maka Anda wajib mengetahui jalan-jalan itu agar Anda bisa berhati-hati, dan bisa menguasai diri Anda pada saat iblis sampai pada diri Anda. Jika Anda mendapatkan diri Anda pada tingkat tinggi, maka dengan demikian Anda adalah musuh bebuyutan iblis. Mudah-mudahan Allah menolonga Anda.

Jalan pertama;
Dia berkata kepada Anda, kafirlah, jika Anda melakukannya, maka pikirannya menjadi tenang, dan tidak memikirkan Anda lagi.

Jalan kedua;
Jika Anda selamat dari yang pertama, maka sesungguhnya dia akan menghiasi bid’ah pada suatu amal atau ucapan bagi Anda, hingga Anda menyangka bahwa Anda berada di atas kebenaran, dan Anda lupa bahwa setiap bid’ah adalah sesat, dan setiap kesesatan adalah dalam neraka.

Jalan ketiga;
Jika Anda selamat dari yang pertama dan kedua, dia berpindah kepada yang ketiga, yaitu perbuatan maksiat besar dari dosa besar hingga menjadikan Anda berdosa, akan tetapi dengan taubat dan istighfar, Allah Ta'ala akan mengampuni Anda, sebagaimana ucapan para ulama, ‘Tidak ada dosa kecil dengan dilakukan terus menerus, dan tidak ada dosa besar bila disertai dengan istighfar.’

Jalan keempat;
Jika Anda selamat dari jalan terdahulu, maka dia akan datang kepada Anda dengan dosa kecil yang terus bersama Anda sepanjang waktu, dan sebagian besar waktu, hingga mengurangi kebaikan-kebaikan Anda, dan tingginya derajat Anda di sorga bersama para shiddiq, dan syuhada. Dan InsyaAllah, dengan taubat dan hasanat (amal shaleh), dosa-dosa kecil itu akan diampuni.

Jalan kelima;
Jika Anda bertaubat dari semua itu, maka sekarang Anda tergolong telah berada pada kedudukan tinggi di sisi iblis. Maka dia akan datang kepada Anda dengan jalan kelima, yaitu menyibukkan Anda dengan amalan yang pahalanya lebih sedikit daripada yang lebih banyak. Hingga menjadikan perhatian Anda –misalkan- pada menyingkirkan gangguan dari jalan, sekalipun itu bagian dari iman, hanya saja bukan yang tertinggi pahalanya, demikian seterusnya.

Jalan keenam, dan yang terakhir;
Jika Anda selamat dari itu semua, maka dia akan menggunakan cara yang paling sulit, dan kuat pengaruh negatifnya, yang para Nabi saja tidak selamat darinya, yaitu penguasaan keluarga, kerabat, dan orang-orang di sekitar Anda untuk mencaci, menghina dan menyakiti Anda.
Maka apakah Anda telah tahu kedudukan Anda di sisi iblis yang terlaknat itu??!

www.qiblati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar