Rabu, 13 Februari 2013

Pingsan Empat Kali karena Rindu kepada Rasulullah

oleh syaikh ::Abu Nawas Majdub

Saidina Mu`adz bin Jabal adalah sahabat Rasulullah yang diutus ke negeri Yaman. Selama dua belas tahun beliau berdakwah memberikan pelajaran Agama Islam di sana. Suatu malam beliau bermimpi bahwa ada suara yang memanggil beliau.

“Wahai Muaz, engkau enakan tidur, sementara Rasulullah sudah berada di dalam tanah.”

Mendengar suara itu Mu`azd terbangun, lalu beliau mengambil air wudhu dan melaksanakan salat malam. Beliau berpikir mungkin itu hanya mimpi biasa dan gangguan syaithan saja. Namun, malam berikutnya beliau bermimpi lagi dengan mimpi yang sama dengan mimpi sebelumnya. Menurut beliau berarti mimpi ini bukan dari godaan syaithan, melainkan suatu isyarat. Seketika beliau menjerit karena hati dan jiwa beliau langsung terkenang kepada Rasulullah. Dan jeritan beliau didengar oleh sebagian penduduk Yaman.

Keesokan harinya para penduduk yang mendengar teriakan beliau berdatangan menemui beliau, serta menanyakan apa gerangan yang terjadi? Dijawab oleh beliau: “ Tadi malam dan malam sebelumnya aku bermimpi yang sama, namun aku sulit memahaminya. Dahulu bila Rasulullah bermimpi yang sulit dipahami, baginda membuka Alquran. Sekarang ambilkan aku Alquran.”

Setelah beliau menerima Alquran dan beliau buka ternyata nampak firman Allah yang berbunyi :

إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ -٣٠-

Artinya: sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (QS. Azzumar :30)

Ketika membaca ayat ini Mu`adz menjerit dan beliau tak sadarkan diri. Setelah beliau sadar, beliau membuka lagi Alquran, ternyata yang beliau lihat adalah ayat dalam surah Ali Imran ayat 144:

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلاَّ رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهِ الرُّسُلُ أَفَإِن مَّاتَ أَوْ قُتِلَ انقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ وَمَن يَنقَلِبْ عَلَىَ عَقِبَيْهِ فَلَن يَضُرَّ اللّهَ شَيْئاً وَسَيَجْزِي اللّهُ الشَّاكِرِينَ -١٤٤-

“Dan Muhammad hanyalah seorang rasul; sebelumnya telah berlalu beberapa rasul.** Apakah jika dia wafat atau dibunuh, kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa berbalik ke belakang, maka ia tidak akan merugikan Allah sedikit pun. Allah akan Memberi balasan kepada orang yang bersyukur.”(QS: Ali Imran : 144)

Setelah membaca ayat itu Mu`adz pun menjerit: Aduhai Abal Qasim, kemudian beliau keluar meninggalkan negeri Yaman menuju Madinah. Ketika beliau akan meninggalkan penduduk Yaman, beliau berkata: ”Andai apa yang aku lihat ini benar, akan meranalah wanita-wanita janda, anak-anak yatim dan orang-orang miskin, dan kita kehilangan pemimpin yang memimpin kita, aduhai sedihnya berpisah dengan Rasulullah Saw.”

Setelah berkata seperti itu beliau meninggalkan penduduk Yaman. Dan ketika beliau berada pada jarak perjalanan lebih kurang tiga hari perjalanan dari kota Madinah, ketika itu beliau mendengar lantunan orang membaca ayat Alquran:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ -١٨٥-

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS. Ali Imran :185)

Lalu beliau mendekati sumber suara, setelah berjumpa dengan orang yang membaca itu, beliau bertanya, “ Bagaimana kabar Rasulullah Saw?”

“Wahai Mu`adz, sesungguhnya Nabi Muhammad sudah meninggal dunia,” jawab orang tersebut.

Mendengar ucapan orang itu Mu`adz pun pingsan.

“Wahai Mu`adz, sadarlah dan bangunlah,” kata orang tersebut.

Ketika Mu`adz sadar, orang itu lalu menyerahkan sepucuk surat kepadanya yang berasal dari Abu Bakar Asshiddiq dengan setempel RasulullahSaw. Tatkala Mu`adz melihatnya, ia pun mencium setempel tersebut dan diletakkan di matanya, diiringi tangis yang tersedu-sedu. Setelah puas mencucurkan air mata beliau pun melanjutkan perjalan menuju Madinah.

Mu`adz sampai di kota Madinah pada saat fajar menyingsing. Ia pun mendengar Bilal bin Rabah mengumendangkan azan Shubuh. Bilal mengucapkan “Asyhadu anllaa ilaaha illallah”, Mu`ad menyambunginya dengan ucapan lirih dan merawankan hati, “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah”. Sambil menangis dan akhirnya, ia pun pingsan lagi.

Di saat itu di sisi Mu`adz bin Jabal ada Salman Alfarisi ra. lalu ia berkata kepada Bilal, :” Wahai Bilal sebutkanlah di dekat nya Nama Nabi Muhammad dengan suara yang kuat, perhatikanlah ini Mu`adz yang sedang pingsan.”

Bilal pun mendekati Mu`adz, lalu ia berkata, “Wahai Mu`adz, aku mendengar Rasulullah berpesan, sampaikan salamku kepada Mu`adz.”

Mu`adz pun mengangkat kepalanya sambil menjerit dengan suara yang keras sehingga orang-orang menyangka bahwa ia telah meninggal dunia.

Mu`adz lalu berkata dengan sesal yang teramat dalam lantaran tidak sempat menjenguk beliau yang sedang sakit dan tidak tahu kewafatan beliau, “Demi ayah dan ibuku, siapakah yang mengingatkan aku kepada baginda Rasulullah ketika beliau sakit dan menjelang kewafatan beliau wahai Bilal?”

Bilal tidak menjawab, namun Bilal mengajak Mu`adz dengan berkata, “ Marilah kita pergi ke rumah istri Rasulullah Saw Sayyidatina Aisyah ra.”

Ketika sampai di muka rumah yang dituju, Mu`adz mengucapkan salam, namun yang keluar ketika itu adalah Raihanah, ia berkata,” Aisyah sedang pergi ke rumah Sayyidatina Fatimah. Mu`adz pun pergi menuju rumah Siti Fatimah. Ketika sampai ia pun mengucapkan salam.

“Assalamu`alaikum ya ahlal bait.”

Siti Fatimah menjawab salam itu, kemudian berkata, “ Rasulullah bersabda: “Orang yang paling alim di antara kamu tentang perkara halal dan haram adalah Mu`adz bin Jabal. Ia adalah kekasih Rasulullah Saw. Kemudian Fatimah berkata lagi, “ Masuklah wahai Mu`adz.”

Ketika Mu`adz melihat Siti Fatimah dan Aisyah, Mu`adz pun pingsan, tak sadarkan diri. Ketika sudah sadar Fatimah berkata kepada Mu`adz, “ Saya mendengar Rasulullah Saw. bersabda : “ Sampaikan salam saya kepada Mu`adz dan khabarkan kepadanya bahwa ia kelak di hari kiamat sebagai imamnya para ulama. Kemudian Mu`adz bin Jabal keluar dari rumah Siti Fatimah menuju makam Rasulullah.

Demikian cerita Mu`adz yang begitu cinta dan rindu kepada Rasullah sampai-sampai beliau pingsan empat kali. Masyaallah. Bagaimana dengan kita, adakah pernah air mata ini bercucuran lantaran rindu kepada Rasulullah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar