Minggu, 24 Februari 2013

7 CARA AGAR KITA BISA BAHAGIA

1. Bebaskan hati dari rasa benci.
Rasa benci itu adalah manusiawi karena muncul dari ego kita sebagai insan yang miliki perasaan. Perasaan yang peka untuk setiap sentuhan kondisi dan keadaan.

Intinya adalah jadilah pribadi yang slalu memaafkan atas dasar rasa cinta. Karena mencintai adalah penuh kebahagiaan.

2. Bebaskan pikiran dari rasa cemas.
Yakinlah sobat, bukankah segalanya ada yang mengatur, Jadi jalani saja, tetap tenang dan usahakan yang terbaik. Kemudian serahkan pada Tuhan apapun yang akan terjadi nanti. Berpikir positif dan berharap baik adalah satu kunci kebahagiaan. Jadi, bebaskanlah pikiran kita dari rasa cemas.

3. Hiduplah Sederhana
Hidup sederhana bukan berarti hidup yang bermalas-malasan, menerima begitu saja tentang apa adanya. Tetapi hiduplah apa adanya dan sebagaimana mestinya.
Saat ada syukurillah, saat berlebih berbagilah dan saat tak ada bersabarlah. Sehingga hati ini kan slalu di hiasi kebahagiaan. Kebahagiaan dari rasa syukur.

4. Jangan Pernah Berhenti Memberi.
Memberi adalah suatu kebahagiaan, disaat kita melihat senyum dan doa dari orang yang kita beri. Tentunya kita juga akan merasa bahagia. Disaat kita yakin bahwa banyak memberi maka kita juga kan banyak menerima, itu adalah suatu kebahagiaan. Yakin akan janji Tuhan, yang berarti kita memiliki Iman di hati. Seperti juga halnya yang disampaikan Ustadz Yusuf Mansur tentang keajaiban sedekah,
Yakini saja. Insya Allah!

5. Jangan Berharap Yang Berlebihan
Hidup itu adalah harapan. Hidup adalah impian. Kita boleh saja berharap dan punya impian tapi jangan berlebihan.Sungguh hal itu akan memberi kekecewaan apabila yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Jadi sederhana saja dalam berharap. Jangan terlalu muluk-muluk. Karena yang muluk-muluk itu bisa menjatuhkan perasaan saat tak terwujudkan.

6. Bersikap Realistis
Menyadari bahwa hidup ini adalah realita maka tentunya kita harus pula bersikap dan bertindak yang realistis. Kita bisa memandang hidup dengan kacamata buram, atau dengan kacamata yang terang.
Bersikaplah yang realistis yg artinya memahami kenyataan. Bersikap sesuai dengan kemampuan dan keadaan. Dengan begitu InsyaAllah kita akan slalu merasa tenang. Dan dekat dengan kebahagiaan.

7. BersyukurLah!
Kebahagiaan itu ada pada rasa syukur. Jadi, Berbahagialah atas semua yang kita miliki.
Intinya Syukur itu indah. Tak mesti dijelaskan lagi karena semua tentu telah memahami tentang berartinya rasa syukur itu.

Tentunya masih banyak lagi cara-cara sederhana lain yang belum saya ketahui. Semoga waktu bisa terus membagi pengalamannya. Memberi dan menjadi pelajaran khususnya bagi saya dan bermanfaat untuk hidup kita semua. . . . Aamiin,,

Tentunya ada cara lain menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar