Minggu, 10 Februari 2013

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Ada orang yang menginginkan berat badannya turun dan ada banyak juga orang ingin menambah berat badannya. Jangan heran, karena memang itulah faktanya. Mungkin anda yang sedang membaca artikel ini salah satunya. Akibat dari badan kurus juga tak kalah bahayanya dari badan gemuk (obesitas), kebanyakan orang kurus mengalami permasalahan seperti kelelahan yang berlebih, sulit berkonsentrasi, ataupun kekurangan gizi.

Menambahkan berat badan juga bagi sebagian orang bukanlah perkara gampang, sama seperti ketika orang ingin menurunkan berat badan yang susahnya sangat minta ampun. Karena salah satu penyebabnya disebabkan oleh faktor genitik, yaitu berat badan seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik (bawaan dari orang tua). Bagi orang tersebut mungkin akan susah menambah berat badannya.

Tapi jangan pesimis dulu, bagi anda yang merasa tubuh anda kurang berisi (kurus) karena kali ini kita akan membahas cara menambah berat badan secara alami. Nah, simak baik-baik artikel berikut ini:

**Tambah Kalori
Kelebihan kalori adalah salah satu hal yang menyebab orang kegemukan. Nah, bagi anda yang ingin menambah berat badan, konsumsilah makanan yang banya mengandung kalori seperti nasi putih, makanan dengan bahan dasar gandum, daging, dan banyak lainnya. Yang harus diingat, anda juga harus tetap mengutamakan makanan 5 sehat 4 sempurna.

Makan Makanan yang Bernutrisi
Ketika anda sedang berniat untuk menambah berat badan, jangan berpikir untuk mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin yang malah tidak dapat menaikkan berat badan anda. Tapi pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi, seperti susu, jenis kacang-kacangan, alpukat dan banyak lainnya.

**Jangan Minum Sebelum Makan
Ini mungkin hal sepele tapi berakibat besar bagi yang ingin menambah berat badan, minum air sebelum makan akan membuat anda merasa kenyang. Apalagi jika anda mengkonsumsi minuman yang manis seperti susu dan kopi, karena makanan atau minuman yang manis akan membuat anda lambung anda terasa penuh. Jikapun anda ingin meminum kopi atau susu, sebaiknya dilakukan setelah makan.

**Ngemil yang Tepat
Ngemil juga memberikan dampak besar bagi anda yang ingin menaikkan berat badan, konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein tapi jangan terlalu banyak lemak seperti kacang-kacangan, cemilan dengan bahan dasar susu, karena ini juga akan dapat membuat tubuh anda lebih bertenaga. Ingat, hindari ngemil dengan makan mie instan, karena malah ini sangat berbahaya bagi kesehatan anda jika dikonsumsi terus menerus.

**Makan Sebelum Tidur
Makanlah sekali lagi sebelum anda tidur, usahakan juga makan yang mengandung banyak nutrisi. Tapi, jangan sampai makan terlalu banyak yang malah membuat perut anda begah sehingga anda tak bisa tidur.

**Olahraga
Sebagian orang menganggap berolahraga malah dapat menurunkan berat badan, memang benar pada sebagian olahraga yang membakar kalori terlalu banyak. Nah, bagi anda yang ingin menambah berat badan pilih olahraga seperti angkat bebab, push up, anerobik karena olahraga seperti akan meningkatkan massa otot sehingga tubuh menjadi lebih padat dan berisi. Anda pasti tak mau kan, jika setelah berat badan anda naik malah tubuh anda tampak buncit atau sebagainnya, dan bagi wanita ini juga berguna mengencangkan kulit ketika berat tubuh anda bertambah.

**Tidur yang Cukup
Mungkin anda pernah mendengar perkataan orang tua “jangan bergadang, nanti kamu kurus dan sakit”, perkataaan tersebut memang benar. Hal ini juga telah dibuktikan bahwa kebanyakan orang yang bergadang akan menjadi kurus.

**Stop Merokok
Kebanyakan orang yang merokok memiliki tubh yang kurus, ini diakibatkan karena zat pada rokok menekan selera makan. Tapi, bukan berarti jika and ingin kurus anda harus merokok karena rokok sangat-sangat buruk bagi kesehatan.

**Pasang Target
Ini penting bahkan sangat penting anda lakukan, karena dengan memasang target anda akan berusaha konsisten untuk menambah berat badan. Buatlah sebuah catatan perkembangan berat badan anda setiap minggunya, dan tentukan juga targetnya sampai mana. Tapi ingat, jangan gunakan cara instan karena biasanya cara instan tidak akan bertahan lama.

Demikian cara menambahkan berat badan secara alami, semoga target anda bisa tercapai segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar