Sabtu, 24 November 2012

Subhanallah, Banyaknya Manfaat Sujud Bagi Kesehatan Kita!

 
Subhanallah, Banyaknya Manfaat Sujud Bagi Kesehatan Kita! [ www.Up2Det.com ]

Mungkin banyak di kalangan umat Islam tidaksadar mengenai berbagai hikmah yang tersembunyi ketika sujud. Padahal, kitaperlu sadari bahwa tiada sesuatu pun ciptaan dan suruhan Allah s.w.t. yangsia-sia, malah setiap ciptaan itu mempunyai kelebihan yang selalu tidakterjangkau oleh akal manusia.

Kita diperintahkan untuk shalat, dan di dalamshalat kita terdapat gerakan-gerakan yang sudah ditentukan oleh Allah. Allahyang telah menciptakan kita, maka hanya Dia lah yang maha mengetahui bagaimanatubuh kita dan bagaimana cara merawatnya.

Manusia melakukan sujud dalam dua bentuk,yaitu sujud fisik seperti ketika shalat dan sujud spiritual berbentuk ketaatankepada perintah Allah s.w.t. dan menjauhi larangan Nya. Ulama mengatakan sujudketika shalat adalah waktu dimana manusia berada hampir paling dekat denganAllah s.w.t. dan mereka menyarankan kita untuk bersujud lebih lama.

Dr Fidelma O"Leary, Phd Neuroscience dari StEdward"s University, mendapati fakta mengenai manfaat sujud bagi kesehatan.Dalam kajiannya ditemukan ada beberapa urat syaraf di dalam otak manusia yangtidak dimasuki darah dan urat ini baru bisa dimasuki darah pada saat manusiasujud.

Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darahuntuk beberapa saat tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yang telahditetapkan (subuh, zuhur, ashar, maghrib, "isya). Subhanallah. Jadi, siapa yangtidak shalat maka urat ini tidak menerima darah, sehingga otaknya tidakberfungsi secara normal.

Karena letak otak di atas jantung, maka kataProf Hembing, jantung hanya mampu membekalkan 20% darah ke otak manusia, jadidibantu dengan sujud yang lebih lama agar menambah kekuatan aliran darah keotak (Nabi saw menyuruh agar kita sujud lama-lama di raka"at terakhir, sambilbanyak meminta semua keinginan kita).

Manfa"at sujud lama-lama ini untuk:

  • Menolak pening
  • Menolak migrain
  • Menyegarkan otak
  • Menajamkan akal pikiran (peka)
  • Melegakan sistim pernapasan
  • Membetulkan pundi peranakan yg jatuh
  • Memperbaiki kedudukan bayi sungsang
Subhanallah, Banyaknya Manfaat Sujud Bagi Kesehatan Kita! [ www.Up2Det.com ]

Otak merupakan pusat pengatur dari seluruhkegiatan manusia, dan terdapat banyak sekali urat-urat saraf yg bertugasmasing-masing. Serta bentuknya seperti orang sujud, subhanallah. Hikmahlainnya, sujud dapat melegakan sistem pernafasan dan mengembalikan posisi organdalam tubuh ke tempat asalnya.

1. Membetulkan kedudukan buah pinggang yangterkeluar sedikit daripada tempat asalnya.

2. Membetulkan pundi peranakan yang jatuh.

3. Melegakan sakit hernia.

4. Mengurangkan sakit senggugut ketika haid.

5. Melegakan paru-paru daripada ketegangan.

6. Mengurangkan kesakitan bagi pesakitapendiks atau limpa. Kedudukan sujud adalah paling baik untuk berehat danmengimbangkan lingkungan bahagian belakang tubuh.

7. Meringankan bagian pelvis.

8. Memberi dorongan supaya mudah tidur.

9. Menggerakkan otot bahu, dada,leher, perutserta punggung ketika akan sujud dan bangun daripada sujud. Pergerakan otot iniakan menjadikan ototnya lebih kuat dan elastik,secara semula jadi dan ia jugaakan memastikan kelancaran perjalanan darah.

10. Bagi wanita, pergerakan otot itumenjadikan buah dadanya lebih baik,mudah berfungsi untuk menyusukan bayi danterhindar daripada sakit buah dada.

11. Sujud juga mampu mengurangkan kegemukan.

12. Pergerakan bahagian otot sewaktu sujudjuga boleh memudahkan wanita bersalin.organ peranakan mudah kembali ke tempatasal serta terhindar daripada sakit gelombang perut.(Convulsions).

13. Organ terpenting yaitu otak kita juga akanmenerima banyak bekalan darah dan oksigen.

14. Mengelakkan pendarahan otak jika tiba-tibamenerima pengepaman darah ke otak secara kuat dan mengejut serta terhindarpenyakit salur darah dan sebagainya.

15. Dari segi psikologi pula, sujud membuatkankita merasa rendah diri di hadapan Yang Maha pencipta sekali gus mengikis sifatsombong,riak takabur dan sebagainya.

16. Manakala dari sudut pengobatan pula, kesansujud yang lama akan menambahkan kekuatan aliran darah ke otak yang bisamencegah sakit kepala dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akalfikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang.

Subhanallah, begitu banyak manfaat dari sujudbagi kesehatan tubuh kita, tentunya hanya Allah lah sang maha kreator yangbenar-benar mengetahui apa saja yang terbaik bagi hamba-hambanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar