Kamis, 29 November 2012

Makanan dan Minuman bagi Penderita Insomnia


Metrotvnews.com: Penderita insomnia tidak dapat tidur dengan nyenyak dan mengalami penderitaan, karena biasanya mereasa gelisah serta diteror saat menjelang tidur. Hal tersebut akhirnya mempengaruhi ritme kerja dan kehidupannya.

Faktor penyebab insomnia ada banyak, salah satunya adalah gaya hidup. Termasuk di dalamnya adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur:

1. Susu sapi
Minumlah segelas susu sapi segar sebelum tidur, karena susu sapi segar mengandung tryptophan dan kalsium yang membuat otot dan saraf lebih sehat. Bagi penderita insomnia, kalsium pada susu sapi segar membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi beban stres. Dengan pikiran yang tenang dan jauh dari stres, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya vitamin B dan asam folat. Unsur-unsur tersebut membantu tubuh mengatur siklus tidur yang baik. Kacang almond yang paling baik dikonsumsi penderita insomnia. Kacang almond membuat tekanan darah menjadi normal. Tekanan darah yang normal, membantu penderita insomnia lebih mudah tidur.

3. Ikan
Ikan sebaiknya direbus atau dikukus, agar kandungan gizinya tidak hilang. Jenis ikan yang baik untuk penderita insomnia adalah ikan salmon. Ikan tersebut mengandung asam docosahexaenoic yang meningkatkan hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin merupakan hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak.

4. Buah-buahan
Dari berbagai jenis buah yang ada, ceri dan pisang merupakan buah yang dipercaya mampu mengatasi insomnia. Buah ceri mengandung zat melatonin, sedangkan pisang mengandung magnesium, potassium, dan tryptophan yang bisa membuat otot dan saraf lebih rileks, serta pikiran menjadi tenang. (Wtr4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar