Kamis, 17 Januari 2013

Tips Bertansaksi Aman Via Internet Banking

Transaksi perbankan yang semakin canggih ibarat buah simalakama. Satu sisi menguntungkan karena kemudahan yang didapat, namun sebaliknya sistem ini rawan terhadap kejahatan elektronik untuk itu kita juga harus terus mencari Tips Bertansaksi Aman via Internet Banking yang terbaru dan terupdate. Transaksi melalui internet banking, termasuk juga mobile banking sangat berguna. Bank tidak perlu investasi banyak, karena semua biaya lebih banyak ditanggung nasabah.
Namun ini punya kelemahan, yaitu celah kejahatan dalam bentuk pengambilan dana menjadi besar, urai Stephen Liestyo, Direktur PT Bank Internasional Indonesia Tbk. (BII). Dan untuk mencegah sisi negatif dari kecanggihan transaksi perbankan, ada baiknya jika Anda mulai menerapkan berbagai tips yang ada agar tetap bisa aman bertransaksi.


Pertama, pastikan bank tempat nasabah mendaftarkan layanan internet banking menggunakan second autofication. Lazimnya orang mengenal Token. Token berfungsi sebagai bentuk proteksi tahap dua. Selain ada username dan password, nasabah juga akan lebih aman bertransaksi melalui piranti tambahan ini.Token bisa berbentuk fisik atau SMS. Jika SMS kita memanfaatkan handphone kita untuk autofication tersebut, katanya.
Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah situs korporasi yang melayani internet banking nasabah. Banyak ditemui kasus, sindikat mengkloning situs salah satu perbankan. Bentuk, warna, kanal serta fitur dibuat seruap namun tidak sama. Jadi nasabah harus teliti. Meskipun sama, pasti ada satu atau dua instrumen yang berbeda. Salah satunya adalah nama situs tersebut alias domain. Domain pasti akan berbeda satu sama lain.
Nah saat ada transaksi yang tidak diketahui nasabah, apalagi sampai mengurangi saldo, nasabah dapat mengetahui secara dini.Ini jadi penting. Umumnya sih melalui email. SMS juga bisa tapi berbayar, imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar