Sabtu, 12 Januari 2013

MENGHADAPI MASALAH

Seorg wanita yang baru saja menikah, datang pada ibunya & mengeluh soal tingkah laku suaminya. Setealh pesta pernikahan, baru ia tahu karakter asli sang suami keras kepala, suka bermalas - malasan, boros, dsb.

Wanita muda itu berharap orang tuanya ikut menyalahkan suaminya. Namun betapa kagetnya dia karena ternyata ibunya diam saja. bahkan sang ibu kemudian malah masuk ke dapur, sementara putrinya terus bercerita & mengikutinya. Sang ibu lalu memasak air. Setelah sekian lama, air mendidih.

Sang ibu menuangkan air panas mendidih itu ke dalam 3 gelas yang telah disiapkan. Di gelas pertama ia masukkan telur, di gelas kedua ia masukkan wortel & di gelas ketiga ia masukkan kopi.

Setelah menunggu beberapa saat, ia mgangkat isi ke-3 gelas tadi, & hasilnya: Wortel yang keras menjadi lunak, telur yang mudah pecah menjd keras, & kopi menghasilkan aroma yang harum.

Lalu sang ibu menjelaskan: "Nak... masalah dalam hidup itu bagaikan air mendidih". Namun, bagaimana sikap kitalah yang akan menentukan dampak-nya".

Kita bisa menjadi :
1. Lembek seperti wortel.
2. Mengeras seperti telur.
3. Atau harum seperti kopi.

Jadi, wortel & telur bukan mempengaruhi air... Mereka malah berubah oleh air. Sementara kopi malah mengubah air & membuatnya menjadi harum.

Dalam tiap masalah, selalu tersimpan mutiara yang berharga.
Sangat mudah untuk brsyukur saat keadaan baik - baik saja, tapi apakah kita dapat tetap brsyukur saat kita ditimpa masalah ?

Hari ini kita belajar ada 3 reaksi orang saat masalah datang.
* Ada yang menjadi lembek, suka mengeluh, & mengasihani diri sendiri.
* Ada yang mengeras, marah & menyalahkan pihak lain.
* Ada juga yang justru semakin harum, menjadi semakin kuat & bijaksana.

Itu semua trgantung pilihan kita sendiri bagaimana kita mrespon sebuah permasalahan.

Sumber : Ayat-Ayat Cinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar