Rabu, 16 Januari 2013

HIDUP PENUH BERKAH

PERTAMA, BERTAQWA KEPADA ALLAH SWT
Firman Allah :
"Dan sekiranya penduduk negri beriman & bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kpd mereka berkah dr langit & bumi." (QS. Al-A`raf :96)
"Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath-thalaq :2-3).

KEDUA, TILAWAH AL QUR’AN
Firman Allah :
Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan ayat dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran". (QS. Shaad: 29).

KETIGA, BERDO’A
Nabi shallallahu 'alahi wasallam senantiasa memohon berkah kepada Allah subhanahu wata'aala dalam berbagai urusan.

KEEMPAT. JUJUR DALAM BERMU’AMALAH
Rasulullah SAW bersabda, "Penjual dan pembeli masih memiliki hak memilih selama keduanya belum berpisah (dari tempat transaksi). Jika keduanya jujur dan terbuka (menjelaskan jika ada cacat/kekurangan), maka keduanya diberkahi dalam jual beli mereka dan jika keduanya menutup-nutupi dan berdusta, maka lenyaplah berkah jual beli mereka." (HR. Al-Bukhari)

KELIMA, MENYELESAIKAN PEKERJAAN DI WAKTU PAGI
Rasulullah SAW; bersabda, "Semoga Allah SWT memberkahi ummatku pada waktu pagi mereka". (HR. Ahmad)

KEENAM, MENGIKUTI SUNNAH RASULULLAH DALAM SETIAP URUSAN
Ada satu adab makan susuai Sunnah yang kurang diperhatikan. Bahkan, terkadang jika diamalkan banyak umat Islam yang mencibirnya.
Nabi SAW bersabda: "Apabila slh seorang kamu mkn makanan, jgnlah dia mengelap tgnnya hingga menjilatinya atau meminta org menjilatinya.Dan janganlah dia mengangkat piringnya hingga menjilatinya atau meminta orang untuk menjilatinya karena pada makanan terakhir terdapat BARAKAH." (HR. Bukhari no. 5465; Muslim no. 2031, Abu Dawud, Nasai, Ahmad)

KETUJUH, KESUNGGUHAN DALAM BERTAWAKKAL KEPADA ALLH SWT
Firman Allah :
"Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (QS Ath-Thalaq: 3).

Rasulullah SAW jg bersabda, “Kalaulah kalian bertawakkal kepada Allah SWT; dengan sebenar-benarnya tawakkal, niscaya Allah subhanahu wata'aala memberikan rizqi kepada kalian sebagaimana Allah SWT memberikan rizqi kepada burung keluar di pagi hari dalam keadaan lapar pulang dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad).

KEDELAPAN, SHALAT ISTIKHARAH DALAM SETIAP URUSAN
Pasrah dan menerima apa yang telah Allah SWT tentukan, krn hal tsb pasti lbh baik unt dirinya di dunia ataupun akhirat.

KESEMBILAN, TIDAK MEMINTA-MINTA KEPADA ORANG LAIN
Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang memiliki kebutuhan, lalu ia melimpahkan kebutuhannya tersebut kepada orang lain, maka yang lebih pantas adalah tidak dimudahkan kebutuhannya dan barangsiapa yang memasrahkan kebutuhannya kepada Allah SWT; niscaya Dia akan mendatangkan kepadanya rizqi dengan segera atau menunda kematiannya." (HR. Ahmad)

KESEPULUH, INFAQ DAN SEDEKAH
Firman Allah :
"Dan apa saja yg kamu infaqkan, niscaya Allah akan menggantinya & Dialah Pemberi rezeki yg terbaik". (QS. Saba`: 39)

Allah SWT berfirman: "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah". (QS. Al-Baqarah: 276)
Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa maksud 'memusnahkan riba' adl memusnahkan harta tersebut dr pemiliknya secara keseluruhan atau meniadakan berkah harta tersebut, tidak bermanfaat bahkan menjadikan pemiliknya diadzab, baik di dunia ataupun di akhirat. Sedangkan makna 'menyuburkan sedekah' adl memperbanyak harta yg tlh dikeluarkan sedekahnya atau melipatgandakan berkahnya

KEDUABELAS, BERSYUKUR DAN MEMUJI ALLAH
Bersyukur dan memuji Allah subhanahu wata'aala atas segala pemberian dan nikmat-nikmatNya.
Allah SWT berfirman, "Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu". (QS. Ibrahim: 7)

KETIGABELAS, MENUNAIKAN SHALAT FARDHU
Allah SWT berfirman: "Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.Kami tidak meminta rizqi kpdmu. Kamilah yg memberi rezqi kpdmu & akibat (yg baik) itu adl bg orang yg bertaqwa". (QS. Thaaha : 132)

KEEMPATELAS, ISTIGHFAR
Terus-meneruslah dalam beristighfar (memohon ampun kepada Allah subhanahu wata'aala).

Firman Allah :
"Maka aku katakan kpd mrk, 'Beristighfarlah (mohonlah ampun) kpd Tuhanmu, sesungguhnya Dia adl Maha pengampun, niscaya Dia akan mengirimkam hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai". (QS. Nuh : 10-12)

PENUTUP
Demikian beberapa kiat agar hidup kita penuh berkah. Semoga dengan menjalaninya, hidup kita selalu diberi keberkahan oleh Allah. Aamiin..

Disadur dari risalah "Al-Barakah" , Abdul Malik al-Qosim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar