Selasa, 04 Desember 2012

Zat besi, kunci kuatnya sistem imun tubuh

Kun Sila Ananda
Zat besi, kunci kuatnya sistem imun tubuh

Selama ini peneliti mencari penyebab mengapa zat besi sangat penting untuk menangani masalah infeksi dan metabolisme. Melalui sebuah penelitian mereka menemukan bahwa zat besi sangat dibutuhkan oleh bakteri untuk menimbulkan penyakit dalam tubuh manusia.
Penelitian yang dilakukan oleh Kansas State University dengan University of Oklahoma ini menunjukkan bagaimana bakteri 'menjajah' tubuh hewan untuk menyebarkan penyakit.
Phillip Klebba, ketua penelitian menemukan bahwa bakteri E. coli, salah satu bakteri mematikan yang menyebabkan infeksi lambung harus mendapatkan zat besi dari tubuh. Zat besi yang diserap oleh bakteri ini kemudian menentukan kekuatan mereka untuk menyebarkan penyakit.
"Penelitian ini menunjukkan fungsi penting zat besi bagi bakteri dan penyebaran infeksi dalam tubuh," jelas Klebba, seperti dilansir oleh Times of India (04/12).
"Sistem imun bekerja dengan mengikat zat besi dan mencegah bakteri mendapatkannya. Namun bakteri patogen seringkali mampu mengatasi kekebalan gizi dan mendapatkan zat besi," tambahnya.
Ini adalah penelitian pertama yang membuktikan pentingnya zat besi dalam pencegahan dan penyebaran infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar