Senin, 03 Desember 2012

Kekurangan Kalsium Bisa Memicu Serangan Jantung Mendadak Loh

 
Kekurangan Kalsium Bisa Memicu Serangan Jantung Mendadak Loh [ www.BlogApaAja.com ]

Salah satu kandungan yang ada di dalam susu adalah kalsium. Ternyata kalsium ini juga baik untuk otot jantung, karena kurang kalsium bisa memicu serangan jantung mendadak.

"Kalsium dalam susu ini fungsi utamanya selain untuk tulang juga untuk kontraksi otot jantung, karena itu serangan jantung mendadak juga bisa karena kurang kalsium," ujar ahli nutrisi Emilia E Achmadi, MS, RD

Emilia menuturkan kegagalan kontraksi otot jantung ini sama seperti halnya kram yang umum dijumpai. Namun jika misalnya kaki yang kram, maka bisa diatasi dengan melakukan pemijatan, tapi jika otot jantung yang kram maka tidak bisa dipijat seperti biasa.

"Dalam kontraksi otot dibutuhkan kalsium dalam darah, dan itu fakta sudah ada penelitian mengenai hal itu. Kalau bisa dari susu karena itu terbaik," ujar Emilia yang merupakan lulusan Oklahoma State University, AS.

Hal ini karena di dalam susu selain kalsium juga terdapat nutrisi lain yang memiliki manfaat bagi tubuh, seperti vitamin A yang bisa melindungi kulit, serta vitamin B kompleks yang baik untuk pola pikir dan mengoptimumkan fungsi saraf.

Meski begitu asupan kalsium ini tidak disarankan didapat melalui suplemen, karena asupan yang didapat secara alami tetap lebih baik. Selain susu ada pula makanan lain yang mengandung kalsium seperti keju, almond, yogurt atau brokoli.

Kalsium memiliki fungsi yang penting bagi organ jantung yaitu membantu mengatur kecepatan kontraksi sel alat pacu jantung, memberi sinyal bagi otot untuk berkontraksi serta memberitahu jantung seberapa kuat harus kontraksi.

Selain akibat kurang kalsium, serangan jantung juga bisa dipicu oleh pola makan serta pola hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan berlemak, jarang berolahraga, konsumsi alkohol dan juga merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar